30 Oktober 2019 23:52:11
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD)

www. paseyan-jatirogo.desa.id -Sabtu, 26 oktober 2019 telah diadakan Musyawarah Masyarakat Desa atau yang disingkat dengan MMD. MMD sendiri dilaksanakan setelah kegiatan kegiatan Survey Mawas Diri (SMD). Survey Mawas Diri (SMD) merupakan survey yang dilakukan secara rutin untuk mengetahui permasalahan kesehatan di masyarakat. Informasi yang didapatkan melalui survey ini sangat berguna bagi identifikasi maslah dan masukan untuk pemecahan masalah kesehatan di dalam masyarakat desa paseyan.

Ada sebanyak 210 Kepala Keluarga yang menjadi sasaran dari kegiatan SMD ini. Keluarga yang menjadi sasaran dari kegiatan SMD ini adalah keluarga yang didalamnya terdapat ibu hamil, keluarga yang terdapat balita dan keluarga yang terdapat ibu yang baru saja melahirkan atau ibu menyusui.  Satu-persatu Kader Kesehatan Desa paseyan  mendatangi rumah warga yang terdapat kriteria seperti tersebut diatas.

Adapun Susunan acara pada Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD ) kemarin adalah:

1. Pembukaan

2. Sambutan bapak Kepala Desa paseyan, Bapak Suparwi

3. Sambutan Bapak Kepala Puskesmas Jatirogo, Bpk Budi Utomo

4. Paparan hasil SMD yang disampaikan Oleh Kader

5.  Identifikasi masalah, Analisa masalah dan rencana tindah lanjut  yang dipandu oleh bapak siswanto. Dari hasil paparan SMD diidentifikasi beberapa masalah yang ada dimasyarakat diantaranya: 60,48 % responden tidak memiliki Kartu jaminan Kesehatan, ada 11,11 % responden yang tidak memberikan asi exclusif,  82,7% responden yang memakai alat kontrasepsi non MKJP,  ada 11,43 % responden yang jarak pembuangan  kotorarn/ sumur resapan <10>

Setelah dianalisa kemudian dimusyawarahkan solusi untuk menangani masalah-masalah yang telah diidenfikasi tersebut.  Dalam musyawarh tersebut disepakati oleh pemerintah desa bersama dengan bidan desa, kader kesehatan, pkk dan puskesmas kebonharjo  akan bekerja bersama untuk menangani masalah - masalah tersebut.

6. Doa

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus