15 Oktober 2019 10:00:11
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

INSPEKSI SANITASI TERHADAP PENJUAL MAKANAN DAN DEPO AIR ISI ULANG

www.paseyan-jatirogo.desa.id- minggu, 13 oktober 2019 petugas kesehatan puskesmas kebonharjo melakukan pemantauan atau inspeksi sanitasi terhadap  penjual makanan dan minuman yang di desa paseyan.

Adapun komponen atau variable yang diinspeksi antar lain bangunan tempat produksi, suplai air, tempat pengolahan makanannnya, penyajian atau display makanan, tempat makan, tempat penyimpanannya, peralatan untuk pengolahan/persiapan makanan, fasilitasi sanitasi, perlengkapan kerja, pembuangan limbah, higienitas karyawan serta penanganan pangan.

Untuk inspeksi pada warung dan penjual makanan selain melihat sanitasi bangunan, alat produksi, air,  pembuangan limabah   petugas juga menanyakan bahan-bahan makanan yang digunakan mulai dari pengadaan bahan, penanangan bahannya serta zat aditif yang digunakan. Rata-rata untuk pengadaan bahan makanannya mereka membeli dari pasar, kemudian langsung diolah tanpa melalui penyimpanan, untuk bahan tambahannya mereka menggunakan pewarna makanan, sedikit penyedap, dan pemanis buatan

lip

untuk inspeksi depo air isi ulang, selain sanitasi  peralatannya petugas juga menanyakan pada pemilik berapa lama mereka melakukan tes mikrobiologi, kimia, serta sedimentasi pada air isi ulangnya.  dan hasilnya rata-rata mereka sudah lama tidak melakukan tes tersebut. petugas kesehatan langsung menyarankan kepada pemilik depo isi ulang untuk segera melakukan tes-tes yang dimaksud.

 



image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus