28 Agustus 2019 21:12:05
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

PELATIHAN MANASIK HAJI KIDS

www.paseyan-jatirogo.desa.id - Rabu, 28 agustus 2019  bertempat dilapangan desa Paseyan telah dilaksanakan Pelatihan Manasik Haji Kids oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal ( IGRA ) kecamatan Jatirogo dan Kenduruan. Pelatihan Manasik Haji ini bertujuan untuk pembelajaran  bagi siswa siswi  Raudhatul Athfal untuk memahami cara melakukan ibadah haji yang merupakan rukun islam yang ke lima.

Acaranya sendiri dimulai pukul 06.30 WIB dengan diikuti 13 Lembaga Raudhatul Athfal yang ada dikecamatan Jatirogo, Untuk RA Athohiriyah Paseyan sendiri mendapatkan no urut 1 dalam pelatihan manasik kali ini.  Dalam pelatihan ini para siswa-siswi  didampingi guru / ustadahnya masing – masing dengan mengenakan pakaian ihram untuk melaksanakan rukun haji yang meliputi : ihram yaitu niat untuk masuk kedalam ritual ibadah, Kemudian bermalam di Muzdalifah, Melempar jumrah sebanyak tiga jumrah yaitu:

– Jumrah pertama adalah jumrah ula
– Kemudian jumrah wusta, yang etrakhir
– Jumrah aqabah.

Untuk melempar jumrah ini siswa diwajibkan membawa kerikil kecil sebanyak 70,  kemudian pembimbing pelatihan manasik menerangkan  tentang  :

  • Bermalam di kota Mina.
  • Kemudian Tawaf wada.
  • Setelah itu, menjauhkan diri terhadap semua larangan yang diharamkan di masjidil haram dan umrah. Diantara larangan yang dimaksud ialah:
    – Untuk pria, dilarang mengenakan pakaian berjahit.
    – Tertutup kepalanya untuk pria. Tertutup mukanya untuk wanita
    – Dilarang memotong kuku.
    – Dilarang membunuh hewan buruan.
    – Dilarang menggunakan wangi-wangian.
    – Dilarang hubungan suami isteri atau (bersetubuh)
    – Dilarang mengadakan aqad nikah (baik kawin ataupun mengawinkan).
    – Dilarang memotong rambut ataupun bulu badan lainnya.

Setelah semua  peserta mengikuti pelatihan manasik haji, kemudian dilakukan acara penutupan yang dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah desa paseyan, Forkopimca kecamatan jatirogo, ibu pengawas RA, perwakilan dari Muslimat Kecamatan Jatirogo.  Adapun rangkaian acara penutupannya yaitu, sambutan dari ketua panitia, dan sambutan dari Bapak camat Jatirogo yaitu Bapak Drs. Moh. Nawawi, MM, selanjutnya acara ditutup dengan Doa.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus