26 Agustus 2019 10:13:47
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

PEMANFAATAN LAHAN KOSONG DI SEKITAR KANTOR BALAI DESA

www.paseyan-jatirogo.desa.id - Lahan kosong disekitar kantor balai desa paseyan, dimanfatkan untuk berkebun oleh perangkat desa ,  tanaman yang ditanam dilahan tersebut ada beberapa macam diantaranya: pohon pisang, kelapa, sirsak yang bias dimanfaatkan buahnya serta daunnya sebagai obat, ada juga jeruk keprok, jambu kristal, klengkeng, sukun, serta tanaman obat.

Ada beberapa jenis pisang yang ditanam antara lain barlin, ambon dan susu, namun yang paling banyak ditanam jenis barlin. Pisang barlin (sebagian orang menyebutnya pisang berlin) atau disebut juga pisang berlian merupakan jenis pisang meja yang memiliki ukuran dan bentuk mirip dengan pisang mas. Perbedaan fisik antara pisang barlin dan pisang emas terletak pada warna kulit dan bentuk ujung buah. Pisang barlin memiliki kulit berwarna hijau kekuningan dan bagian ujung buahnya lebih lancip dibandingkan pisang mas yang bagian ujung buahnya membulat.

Untuk pohon papaya yang ditanam jenis papaya California Pepaya california merupakan salah satu jenis buah tropis yang sedang booming dan hits. Ukurannya yang tidak terlalu besar, dengan warna daging buah yang menarikndan juga rasanya yang manis membuat buah ini begitu banyak digemari oleh masyarakat.

Pepaya Calofarnia merupakan jenis varietas pepaya yang unggul. Dengan umur genjah memiliki batang yang tidak terlalu tinggi hanya 1,5 -2 meter selain itu juga dapat dipanen dalam waktu 8-9 bulan. Tanaman Pepaya California juga dapat terus tumbuh dan dipanen sampai usia 4 tahun.

Untuk hasil kebunnya sendiri sampai saat ini belum pernah dikomersilkan, hasilnya masih sebatas dkosumsi bersama .

Selan untuk dikosumsi hasil buahnya, dengan memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun juga dapat mengurangi polusi kendaraan karena pohon-pohon yang ditanam ini dapat menghasilkan O2 yang sangat dibutuhkan untuk pernafasan manusia



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus