22 Agustus 2019 00:00:00
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

PENYULUHAN TERPADU GIZI & KESLING UNTUK PENCEGAHAN STUNTING

www.paseyan-jatirogo.desa.id - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya ( kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal kehidupan setelah lahir tetapi baru tampak setelah anak berusia 2 tahun)

Periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan anak  berlangsung mulai sejak Ibu  mulai mengandung (konsepsi) hingga buah hati berusia 2 tahun. Kekurangan asupan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan buah hati tentu akan memengaruhi pertumbuhannya. Apabila kondisinya makin buruk, stunting dapat terjadi.

Secara umum, stunting disebabkan gizi buruk atau kurangnya asupan nutrisi. Hal ini kemudian diikuti rentetan penyebab lain.

  • Kurangnya Asupan Makanan Bernutrisi

Stunting dapat terjadi bila calon ibu mengalami anemia dan kekurangan gizi dan menambah risiko calon ibu melahirkan bayi kurang gizi kronis. Kondisi ini bisa bertambah buruk apabila asupan gizi untuk bayi kurang memadai setelah kelahirannya. Sebagai contoh, bayi berumur 6 bulan seharusnya tidak diberikan air putih atau teh, dan hanya boleh diberikan ASI eksklusif.

Di luar faktor tersebut, kurangnya asupan gizi ibu selama masa menyusui juga dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan anak.

  • Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan

Memerhatikan kebersihan rumah dengan saksama sangat penting, . Ini karena stunting juga bisa terjadi pada anak jika hidup di lingkungan kurang bersih. Kamar mandi yang sangat kotor, misalnya, dapat menyebabkan diare dan cacingan pada anak. Kedua penyakit tersebut dapat menghambat kecukupan nutrisi buah hati dan terbukti ikut berperan dalam munculnya masalah gizi buruk kronis pada anak.

Karena itu,  para ibu harus  selalu menjaga peralatan dapur dan alat makan setelah digunakan. Kamar mandi sebaiknya dibersihkan setidaknya sekali dalam seminggu. Lingkungan rumah yang bersih adalah awal hidup sehat.

Adapun dampak dari stunting ini adalah:

  1. Gagal tumbuh ( berat badan rendah , kecil , pendek, kurus)
  2. Keterlambatan perkembangan kognitif dan motoric
  3. Gangguan metabolic saat dewasa (resiko penyakit tidak menular seperti diabetes, strok dan penyakit jantung)

 Untuk mencegah stunting di Desa Paseyan Puskesmas Kebonharjo  mengadakan penyuluhan  terpadu gizi dan kesling  pada hari  Selasa tanggal 20 Agustus 2019 dibalai Desa kepada para kader kesehatan serta perangkat desa paseyan dengan harapan bias mensosialisaikan ke warga.

Kegiatan penyuluhan tersebut  mengupas tuntas tentang stunting , tentang dampaknya serta factor – factor penyebabnya.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus