02 April 2019 10:29:55
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

Upacara Adat "Sedekah Bumi" Desa Paseyan

http://www.paseyan-jatirogo.desa.id. Selasa, 2 April 2019. Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Didesa paseyan sendiri sedekah bumi dilaksanakan 1 tahun sekali,  biasanya jatuh pada hari kamis pahing setelah panen raya di desa paseyan.  Pada sedekah bumi tahun ini jatuh pada hari kamis pahing bulan rajab yang bertepatan pada tanggal 28 maret 2019.  Pada acara ini biasanya para warga membawa tumpeng yang melambangkan rasa syukur mereka di tempat punden sesepuh desa paseyan yang biasa disebut mbah buyut. acara wajib yang harus ada dalam ritual ini adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk..

Pada acara sedekah bumi kali ini  digelar beberapa acara untuk memeriahkan acara sedekah bumi tersebut. rangkaian acara dimulai hari Minggutanggal 24 maret  dengan jalan sehat, kerja bakti dan dilanjut dengan Lomba tennis Meja Tunas Muda Cup  U19 dan Tenis Meja Tunas Muda Cup Open  2019. Pada hari senin tanggal 25 Maret  acara dilanjutkan dengan Paseyan Semarak Bakat yang didalamnya terdapat pagelaran Budaya dan Pencak seni 4 Perguruan. Hari selasa tanggal 26 Maret Di gelar Parade Hadrah yang terdiri dari 7 grup hadrah yang ada dipaseyan plus grup hadrah anak-anak. Pada hari rabu Tanggal 27 Maret digelar Lomba mewarnai " Tunas Muda Outdor coloring Kid.

Puncak acara sedekah bumi yang jatuh pada hari kamis pahing tanggal 28 Maret 2019  di gelar dengan  tasyakuran desa yang dimulai pada hari rabu malam sampai hari kamis pahing jam 12.00 Wib dimana para warga membawa tumpeng sebagai rasa syukur mereka dengan hasil bumi yang telah dianugrahkan  oleh Tuhan yang maha Esa. Setelah tasyakuran dilanjutkan dengan pentas seni wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki anam Dwijo Kangko dengan Lakon " Sirnaning Angkara Murka" dengan Bintang tamu jolang. Dengan Izin Allah serangkaian acara yang digelar berjalan dengan lancar.

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus