08 Maret 2019 10:53:41
Ditulis oleh ARIFAH, S.Si

Upaya Pemdes Paseyan Untuk menciptakan Paseyan Lebih Hijau, Bersih dan Sehat

http://www.paseyan-jatirogo.desa.id (Jum'at , 8/3/2019). Beberapa hari yang lalu pemerintah desa paseyan menyerahkan bantuan kepada masyarakat desa paseyan berupa tempat sampah , bibit jambu kristal dan bibit kelapa genjah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menciptakan desa paseyan lebih hijau, bersih dan sehat sesuai dengan visi desa paseyan.

Pemberian tempat sampah ini adalah upaya pemdes untuk mengubah pola pikir masyarakat terutama yang dekat aliran sungai agar tidak membuang sampahnya di kali dan ditempat - temapat lain yang selayaknya tidak digunakan untuk pembuangan sampah. Karena sampah dapat mencemari lingkungan terutama sampah anorganik yang sangat sulit diuraikan.

Untuk pemberian bibit tanaman ,pemdes paseyan memilih jambu kristal hal ini dikarenakan  Jambu biji kristal merupakan salah satu jenis jambu biji yang banyak diminati oleh konsumen Indonesia karena memiliki rasa yang enak dan jumlah biji yang sangat sedikit.selain itu menurut Fatoni (2011) menerangkan bahwa jambu biji kristal merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun secara continue.Produksi buah jambubiji kristal dalam sekali berbuah menghasilkan 15 -30 buah, dalam usia tanam 2 tahun per tanaman bisamenghasilkan 70 80 kg selama 6 bulan.Buah yang memiliki bentuk simetris hampir sempurna ini memiliki bobot 500 900 gram. Bagian luar jambu biji kristal berkulitmulus yang dilapisi lilin yang cukup tebal sehingga tidak mudah ditembus hama, sedangkan bagian dalamnya yang berwarna putih menyegarkan memiliki tekstur renyah dengan kadar kemanisan 11 12obriks dan kadar air yang cukup tinggi. Tanaman yang cukup adaptif dengan lingkungan ini memiliki daun yang relatif lebih besar dari sejenisnya dengan tekstur daun yang lebih kaku sehingga jambu biji kristal tahan gangguan kekeringan dan hama penyakit.

 

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus